PENGUMUMAN …!! SAHABAT ADMIN YANG TERCINTA ……!! Sebelum Anda Pergi Ke Bank, Ada Baiknya Jika Mengecek Nomor Virtual Account Terlebih Dahulu Untuk Mengetahui Apakah Nomor Tersebut Sudah Bisa Dicairkan Atau Belum, Silahkan Buka Menu Cek Virtual Account yang Ada Di Menu Web ini. Terimakasih

Download Kalender Pendidikan SD, SMP, SMA, SMK Tahun Pelajaran 2015 / 2016

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Salam Sejahtera - Web Referensi Dapodikmen  Kang Jae Lebak akan memberikan sebuah Link Download Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2015/2015, yang saya ambil dari Kab. Lebak, mudah-mudahan Kalpendik ini menjadi Referesni Kita di Satuan Pendidikan.

Sudah kita ketahui bahwa Kalender pendidikan adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun pelajaran. Kalender pendidikan mencakup permulaan tahun ajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif dan hari libur.

Setiap permulaan awal tahun pelajaran, setiap sekolah akan menyusun kalender pendidikan untuk mengatur waktu kegiatan pembelajaran selama satu tahun ajaran, mencakup permulaan tahun pelajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif dan hari libur.

Pengaturan waktu belajar di lembaga masing-masing mengacu kepada standar isi dan disesuaikan dengan kebutuhan daerah, karakteristik sekolah, kebutuhan peserta didik dan masyarakat, serta ketentuan dari pemerintah atau pemerintah daerah.

Beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan dalam menyusun kalender pendidikan sebagai berikut:
1. Permulaan tahun pelajaran adalah waktu dimulainya kegiatan pembelajaran pada awal tahun pelajaran pada setiap satuan pendidikan. Permulaan tahun pelajaran telah ditetapkan oleh pemerintah yaitu pada bulan Juli setiap tahun dan berakhir pada bulan Juni tahun berikutnya.

2.Minggu efektif belajar adalah jumlah minggu kegiatan pembelajaran untuk setiap tahun pelajaran. Sekolah dapat mengalokasikan lamanya minggu efektif belajar sesuai dengan keadaan dan kebutuhannya.

3. Waktu pembelajaran efektif adalah jumlah jam pembelajaran setiap minggu, meliputi jumlah jam pembelajaran untuk seluruh mata pelajaran termasuk muatan lokal, ditambah jumlah jam untuk kegiatan pengembangan diri.

4. Waktu libur adalah waktu yang ditetapkan untuk  tidak diadakan kegiatan pembelajaran ter-jadwal. Hari libur sekolah ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional atau Menteri Agama dalam hal yang terkait dengan hari raya keagamaan, Kepala Daerah tingkat Kabupaten / Kota atau organisasi penyelenggara pendidikan dapat menetapkan hari libur khusus.

5. Waktu libur dapat berbentuk jeda tengah semester, jeda antar semester, libur akhir tahun pelajaran, hari libur keagamaan, hari libur umum termasuk hari – hari besar nasional dan hari libur khusus.

6. Libur jeda tengah semester, jeda antar semester dan libur akhir tahun pelajaran digunakan untuk persiapan kegiatan dan administrasi akhir dan awal tahun pelajaran.

7. Sekolah / lembaga pada daerah tertentu yang memerlukan libur keagamaan lebih panjang dapat mengatur hari libur keagamaan sendiri tanpa mengurangi jumlah minggu efektif belajar dan waktu pembelajaran efektif.

8. Bagi Pendidikan Anak Usia Dini / taman kanak – kanak  yang memerlukan kegiatan khusus dapat mengalokasikan waktu secara khusus tanpa mengurangi jumlah minggu efektif belajar dan waktu pembelajaran efektif.

9. Hari libur umum atau nasional atau penetapan hari serentak untuk setiap jenjang dan jenis pendidikan disesuaikan dengan Peraturan Pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten / Kota

Download Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2015 / 2016


Demikian informasi yang bisa saya sampaikan, mudah-mudahan informasi ini bermanfaat bagi yang membacanya, sebelum saya mengakhiri tulisan yang sangat sederhana ini, saya mengucapkan terimakasih banyak kepada pengunjung blog Referensi Dapodikmen ini. dan mudah-mudahan kita diberikan kekuatan oleh yang maha kuasa. 

Sebelum sobat meninggalkan artikel sederhana ini silahkan berikan komentarnya pada kotak komentar yang sudah disediaka. Terimakasih


Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
pulsa
AUTHOR
April 20, 2016 at 8:06 PM delete

Bahagia itu adalah mereka yang bangga menjadi dirinya sendiri, tanpa mengkuawatirkan apa yg dipikirkan orang lain pada dirinya.
MARKET PULSA
pulsa murah

Reply
avatar
Kang Jae
AUTHOR
April 21, 2016 at 12:30 AM delete

Maaf kami tidak menerima Link Aktif. Terimakasih

Reply
avatar