PENGUMUMAN …!! SAHABAT ADMIN YANG TERCINTA ……!! Sebelum Anda Pergi Ke Bank, Ada Baiknya Jika Mengecek Nomor Virtual Account Terlebih Dahulu Untuk Mengetahui Apakah Nomor Tersebut Sudah Bisa Dicairkan Atau Belum, Silahkan Buka Menu Cek Virtual Account yang Ada Di Menu Web ini. Terimakasih

3 (Tiga) Aplikasi Antikorupsi, yang diluncurkan KemenPAN-RB

Aplikasi Antikorupsi PNS - Aplikasi Whistleblowing System (WBS), Sistem Informasi Pelaporan Harta Kekayaan ASN (Siharka) dan Sistem Pelaporan Gratifikasi Online (Silaga) adalah ketiga aplikasi antikorupsi yang baru-baru ini diluncurkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Sekretaris KemenPAN-RB Dwi Wahyu Atmaji, mengatakan “Kami harus menjadi pelopor berbagai kegiatan untuk mewujudkan birokrasi yang bersih, akuntabel, efisien dan mampu memberikan pelayanan yang baik,” katanya yang saya kutif kutip dari menpan.go.id

Lanjutnya, aplikasi WBS sebenar nya sudah ada beberapa tahun lalu. Namun, baru bisa digunakan saat ini karena sempat mengalami kendala teknis. Arti nya, ini merupakan re-launching dari sistem yang sudah ada.

 
Sementara, Siharka dan Silaga akan memudahkan ASN dapat melaporkan gratifikasi. Dengan begitu, mereka tidak perlu datang ke KPK. Dua sistem ini juga sudah ditegaskan dalam kebijakan yang dibuat. Yaitu Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 4 Tahun 2015 tentang Pengendalian Gratifikasi di Lingkungan KemenPAN-RB, dan Surat Edaran (SE) No. 1/2015 tentang Kewajiban Penyampaian Laporan Harta Kekayaan ASN di Lingkungan Instansi Pemerintah.
 
Untuk mengakselerasi upaya – upaya pencegahan pemberantasan korupsi, Kementerian PANRB sudah menyusun format pelaporan yang sederhana, yang tidak rumit seperti LHKPN di KPK, dan bisa dilakukan secara online . Aplikasi ini diharapkan bisa menjadi rujukan dan dimanfaatkan secara nasional.

Inspektur Kementerian PANRB Devi Anantha mengatakan, pihak nya siap melakukan coaching clinic terhadap 3 aplikasi ini. Selain itu, lanjutnya, pihaknya juga sedang mencoba melakukan audit secara reguler sehingga bisa menjadikan Kementerian PANRB bebas dari KKN.

“Tiga aplikasi yang ada saat ini hanya merupakan hardware , tetapi yang kami butuhkan saat ini yaitu software yang paling berpengaruh terhadap perbaikan sistem di Kementerian PANRB,” kata Devi.

Menurutnya, ada tiga hal penting yang bisa menjadi software , yaitu integritas, komitmen tentang kompetisi, serta pimpinan yang kondusif.

“Ini software dan soft control yang mau kita bangun. Kita siap membangun lingkungan kita menjadi lebih baik lagi,” ucapnya.

Demikian informasi tentang 3 (Tiga) Aplikasi Antikorupsi yang bisa saya bagikan, yang baru diluncurkan KemenPAN-RB, mudah-mudahan bermanfaat. Amin

Previous
Next Post »