Yth. Bapak/Ibu
1. Kepala SMA/SMK/SMLB
2. Kepala MKKS
3. Teman-Teman Operator Dapodikmen
di Seluruh Nusantara
Assalamu’alaikum Wr. Wb......
Alhamdulillah Puji
Syukur Kita panjatkan kepada Allah SWT, pada bulan Juni ini kita telah mulai
memasuki semester ganjil tahun ajaran 2015/2016 serta memasuki babak baru
periode Juli - Desember 2015 penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS)
Sekolah Menengah. Sehubungan dengan hal tersebut, setelah mencermati Juknis BOS
SMA/SMK tahun 2015 diketahui bahwa batas akhir Cut Off ke-1 BOS SM 2015 untuk
periode Juli - Desember 2015 adalah tanggal 1 Juli 2015.
Dalam rangka
penyuksesan penyediaan Data Pendidikan Menengah untuk penyaluran BOS SM 2015
untuk periode Juli - Desember 2015, Tim Dapodikmen Pusat telah melakukan
beberapa langkah-langkah sebagai berikut diantaranya :
1.
Penyempurnaan Aplikasi
Dapdikmen sesuai masukkan dari para operator dapodikmen.
2.
Melakukan pengaktifan
referensi Semester Ganjil 2015/2016. Dengan demikian sekolah telah dapat
melakukan update untuk dapat login dan melakukan proses periodikal pada
semester ganjil tahun ajaran 2015/2016. Secara teknis proses periodikal yang
dapat dilakukan adalah (a) melakukan proses kelulusan untuk siswa Kelas XII
Tahun Ajaran 2014/2015, (b) melakukan proses kenaikan kelas, dan (c) melakukan
up date seluruh data pada semester Ganjil 2015/2016.
Selanjutnya, Kami
mohon teman-teman operator dapodikmen segera melakukan update data dengan
beberapa langkah-langkah teknis sebagai berikut:
1. Login pada semester
Genap 2014/2015 kemudian melakukan validasi dan sinkronisasi.
2. Setelah selesai
sinkronisasi, log out/keluar dari aplikasi kemudian lakukan refresh (ctrl +
f5).
3. Silahkan login ke
semester Ganjil 2015/2016, kemudian melakukan proses update data:
a) Update data
sekolah
Lakukan update data
identitas sekolah dan data-data pendukungnya, yaitu dengan melengkapi data yang
masih kosong dan edit data yang mengalami perubahan. Data pendukung Identitas
sekolah meliputi: data periodik, sanitasi, blockgrant, Yayasan, Program pengajaran
dilayani/Paket Keahlian dilayani/Jenis ketunaan, s/d akreditasi.
b) Update data
Sarpras
Lakukan update data
sarana prasarana dan data-data pendukungnya, yaitu dengan melengkapi data
ruangan yang belum masuk dan edit data yang mengalami perubahan. Untuk data
periodik di semester Ganjil 2015/2016 ini akan kembali kosong, untuk
pengisiannya dapat menggunakan tombol “ Salin semua data periodik”. Fungsi
tombol ini akan menyalin data isian data periodik yang telah diisikan di
semester sebelumnya, selanjutnya tinggal melakukan update/edit data yang
mengalami perubahan.
c) Update data PTK
Lakukan update data
PTK dan data-data pendukungnya, yaitu dengan melengkapi data PTK yang belum
lengkap dan edit data yang mengalami perubahan. Untuk data penugasan di
semester Ganjil 2015/2016 ini akan kembali kosong, untuk pengisiannya dapat
menggunakan tombol “ Salin penugasan”. Fungsi tombol ini akan menyalin data
isian penugasan PTK yang telah diisikan di Tahun Ajaran sebelumnya, selanjutnya
tinggal melakukan update/edit data yang mengalami perubahan. Cek dan update
juga data pendukung PTK meliputi: data Anak, bea siswa, buku yang pernah
ditulis dan seterusnya sampai dengan data riwayat jabatan fungsional.
d) Update data
Peserta Didik
Lakukan update data
Peserta Didik dan data-data pendukungnya, yaitu dengan melengkapi data Peserta
Didik yang belum lengkap dan edit data yang mengalami perubahan. Untuk data
periodik di semester Ganjil 2015/2016 ini akan kembali kosong, untuk
pengisiannya dapat menggunakan tombol “ Salin Data Periodik”. Fungsi tombol ini
akan menyalin data isian periodik Peserta Didik yang telah diisikan di semester
sebelumnya, selanjutnya tinggal melakukan update/edit data yang mengalami
perubahan. Cek dan update juga data pendukung Peserta meliputi: data prestasi,
beasiswa.
e) Melakukan Proses
Kelulusan kelas XII Tahun Ajaran 2014/2015
Silahkan login ke
semester Ganjil 2015/2016 kemudian masuk ke tab Pesera Didik. Pilih dan berikan
cek list pada pseserta didik yang akan diluluskan, untuk mempermudah pemilihan
siswa kelas 12, pada tab peserta didik pilih tampilkan semua data, kemudian tekan
kolom “tingkat kelas saat ini” maka data siswa akan terkumpul sesuai rombelnya.
Pilih siswa dan tekan shift untuk melakukan pemilihan siswa dan selanjutnya
klik pada tombol “Proses bersama kelulusan”. Pada window proses kelulusan,
isian “Keluar karena = pilih “Lulus”, isian “Tanggal Keluar sekolah” = isi “15
Mei 2015”, isian “Alasan” = isi “Lulus”. Proses selengkapnya diuraikan pada
Buku Panduan Sukses Implementasi Dapodikmen.
f) Update data
Rombongan Belajar/Kenaikan Kelas
Sebelum melakukan
proses Kenaikan Kelas ini, pastikan sudah melakukan kelulusan siswa seperti
point e). Lakukan update data Rombongan Belajar dengan melakukan proses
kenaikan kelas, pada semester Ganjil 2015/2016 maka data rombongan
belajar akan kembali kosong. Silahkan masuk menu “Kenaikan Kelas” dan
lakukan proses kenaikaan kelas untuk seluruh rombongan belajar kelas X dan XI.
Secara teknis setelah diklik menu “Kenaikan Kelas” maka ditampilkan form Naik
Kelas, pilih salah satu rombel dan klik tombol “simpan dan tutup” , lakukan
satu persatu untuk seluruh rombel.
Apabila pada semester
Ganjil 2015/2016 terjadi perubahan anggota rombel dikarenakan ada
perpindahan siswa atau anggota setiap rombel diatur ulang, maka lakukan
perubahan dengan prosedur mengeluarkan siswa yang pindah/dipindah dari rombel
lama kemudian dimasukkan ke rombel yang baru. Pengeditan nama rombel sebaiknya
dilakukan setelah menyelesaikan proses kenaikan kelas untuk seluruh rombel.
Bila anggota rombel semester ganjil 2015/2016 tidak sama dengan semester sebelumnya
(sekolah mengadakan pengacakan anggota rombel), maka langkah yang dilakukan
adalah membuat Rombel Baru dan memasukkan Siswa ke dalam rombel secara manual,
pada jenis pendaftaran pilih “naik kelas”. Dalam hal ini tombol kenaikan kelas
tidak digunakan.
g) Validasi dan
Sinkronisasi
Setelah semua proses
update data di aplikasi Dapodikmen (di komputer lokal) dilakukan maka proses
selanjutnya adalah melakukan proses validasi dan sinkronisasi. Pada proses
validasi pastikan invalid = 0 (nol) jika telah melakukan penambahan data. Hasil
dari update data melalui proses sinkronisasi dapat dilihat saat login sebagai
operator sekolah di manajemen Dapodikmen
(laman:dapo.dikmen.kemdikbud.go.id.
Secara umum
langkah-langkah yang diuraikan di atas adalah proses teknis untuk melakukan
update data pada Aplikasi Dapodikmen di Tahun Ajaran 2015/2016, dimana dalam
pelaksanaannya dapat menyesuaikan dengan proses periodikal di Sekolah.
Atas perhatian dan
kerjasama Bapak/Ibu serta teman-teman operator sekalian, kami ucapkan terima
kasih
Lakukan update Dapodikmen
sekarang…..
Jangan Tunda Sampai Esok……
Selamat Bekerja….
Salam Satu Data
Dapodikmen….
Wassalamu’alaikum
warahmatullahi wabarakatuh
Kepala Sub Bagian Data
dan Informasi
Ditjen Pendidikan
Menengah
Arie Wibowo Khurniawan
Silahkan Masukan Email Sobat Disini, Informasi Terbaru Akan Dikirim
ConversionConversion EmoticonEmoticon