PENGUMUMAN …!! SAHABAT ADMIN YANG TERCINTA ……!! Sebelum Anda Pergi Ke Bank, Ada Baiknya Jika Mengecek Nomor Virtual Account Terlebih Dahulu Untuk Mengetahui Apakah Nomor Tersebut Sudah Bisa Dicairkan Atau Belum, Silahkan Buka Menu Cek Virtual Account yang Ada Di Menu Web ini. Terimakasih

Cara Mengatasi NISN tidak Muncul di Apliksi Dapodikmen TP. 2015/2016

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Cara Mengatasi NISN tidak Muncul di Apliksi Dapodikmen TP. 2015/2016 - Pada malam yang akan memberikan Tips Bagi Para Operator Sekolah Dapodikmen, tips tersbut sangat sederhana sekali untuk mengatasi NISN tidak Muncul/Masuk pada Aplikasi Dapoidkmen, hal ini sebenarnya sudah terjadi pada Aplikasi Dapodikmen saya sendiri, dengan rasa penasaran saya melakukan beberapa cara tapi cara tersebut sangat ampuh sekali.

Dengan adanya mekanisme alur memasukkan NISN Baru Ke Aplikasi Dapodikmen Tahun Pelajaran 2015/2016, maka saya akan berbagi tips pada artikel ini, bagi sahat OPS se Tanah Air yang masih kebingunngan silahkan ikuti langkah saya di sini :

Setelah Operator Sekolah sudah melakukan Verval PD yang dikerjakan di alamat vervalpd.data.kemdikbud.go.id dengan tuntas sampai dengan tahap Konfirmasi data Peserta Didik, Silahkan Lakukan langkah selanjutnya Operator Sekolah Dapodikmen melakukan sinkron melalui Aplikasi Dapodikmen yang perlu dilakukan untuk menurunkan NISN dari server ke Localhost. Yang harus diperhatikan bahwa NISN baru akan dapat muncul di Aplikasi Dapodikdas setelah proses PUSH data NISN dari server Verval PD PDSP ke server Dapodik.

Sehingga dalam mengupdate NISN ke Aplikasi, maka tidak perlu dilakukan generate prefill baru yang pernah kita lakukan Pada Tahun Pelajaran 2014/2015 sebelumnya. Silahkan pahami Langkah mudah untuk menurunkan NISN ke localhost Aplikasi Dapodikmen adalah sebagai berikut :

1. Cek terlebih dahulu pada Link vervalpd.data.kemdikbud.go.id, untuk memastikan presentase pada beranda Aplikasi yakni pada Residu sudah 100% atau NISN Peserta Didik telah tampil pada tab “Referensi”.

2. Silahkan Cek pada progress pengiriman dengan cara login terlebih dahulu dengan akun dan password Operator Sekolah yang sudah terdaftar atau menggunakan kode registrasi aplikasi Dapodik pada LInk Login Manajemen Operator Sekolah Dapodikmen.
Gambar : Login Operator Sekolah Dapodikmen
3. Silahkan Cek Data Peserta Didik baru, apakah sudah tercantum NISN pada hasil cek pada server Dapodikmen
Gambar : Tampilan NISN pada Akun Manajemen Sekolah
4.   Jika belum masuk, maka dipastikan Generate Prefill pun juga tidak akan muncul NISN-nya. Pada Aplikasi Dapodikmen Lokal

5.  Jika sudah muncul NISN baru di progress pengiriman tersebut, silahkan lakukan sinkronisasi, maka NISN akan turun di localhost Aplikasi Dapodikmen.

6. Pengalaman saya sendiri sudah saya lakukan dengan cara di atas tetapi NISN tidak mau masuk pada Aplikasi localhost Dapodikmen, hal tersebut ada dua kemungkinan :
1. NISN Belum di Verval dan Belum di konfirmasi pada Vervalpd nya.
2. Jaringan internet yang sobat gunakan tidak setabil alias Loading sehingga NISN tidak bisa ditarik ke Aplikasi localhost Dapodikmen, ini penyebab NISN saya yang tidak mau masuk pada Aplikasi Dapodikmen lokal, silahkan sobat Gunakan Jaringan internet yang cepat dan super ngebut, usahakan jaringannya 3G ke atas, jangan ke bawah EDGE/2G.

Dengan demikian secara singkat alur memasukan NISN ke Aplikasi Dapodikmen setelah sinkronisasi berhasil dilakukan adalah sebagai berikut : Server Dapodik ---> Server PDSP Kemdikbud --> Push NISN ke server Dapodik ---> Sinkronisasi kembali untuk menampilkan NISN ke Aplikasi Dapodikmen.

Demikian Trik dan Tips mengenai Cara Mengatasi NISN tidak Muncul di Apliksi Dapodikmen TP. 2015/2016. Semoga Artikel ini bermanfaat dan mudah dipahami. Terimakasih… Salam satu data berkualitas…!


Previous
Next Post »