PENGUMUMAN …!! SAHABAT ADMIN YANG TERCINTA ……!! Sebelum Anda Pergi Ke Bank, Ada Baiknya Jika Mengecek Nomor Virtual Account Terlebih Dahulu Untuk Mengetahui Apakah Nomor Tersebut Sudah Bisa Dicairkan Atau Belum, Silahkan Buka Menu Cek Virtual Account yang Ada Di Menu Web ini. Terimakasih

Panduan Sukses Menjalankan Aplikasi Dapodikmen

Referensi Dapodikmen - Salam sejahtera dengan adanya Panduan Sukses Menjalankan Aplikasi Dapodikmen, mudah-mudahan kita para Operator Dapodikmen tidak melakukan kesalahan lagi dalam Penginstallan maupun Pengentrian.

Penjelasan Aplikasi Dapodikmen :

Aplikasi Dapodik SMA-SMK merupakan Penyatuan Aplikasi Pendataan di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah dengan arah requirement sistem lebih besar (penyatuan database, user interface dan sinkronisasi). Data prefill adalah hasil generate/package dari data di server Dapodik yang merupakan data profil sekolah dan data hasil sinkronisasi dari versi-versi sebelumnya . Jika Sekolah sudah mengisikan data pada aplikasi dan melakukan sinkronisasi ke server Dapodik SMA-SMK maka pada saat diunduh file prefill Sekolah berisi semua data yang telah diisikan dan disinkronisasi sebelumnya dan seanjutnya dapat melakukan ubah/update data. Namun bagi Sekolah baru dan belum pernah menjalankan Aplikasi Dapodik SMA-SMK hanya maka sekolah tersebut akan mendapatkan prefill yang memuat data identitas sekolah saja dan selanjutnya dapat melakukan input data dari awal di Aplikasi Dapodik SMA-SMK.

Jangan Lupa Baca : Spesifikasi Minimal Komputer (Hardware) untuk Menjalankan Aplikasi Dapodikmen

Untuk setiap sekolah disarankan aplikasi Dapodik SMA-SMK hanya diinstall pada satu komputer (server). Input data dapat dilakukan secara bersamaan dalam konfigurasi Client – Server. Kepala Sekolah diharapkan menerbitkan SK penugasan kepada GTK menjadi operator di sekolah yang nantinya SK tersebut bisa didaftarkan ke Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan(PDSPK). Dengan SK penugasan tersebut operator dapat melakukan verifikasi dan validasi data pokok pendidikan.

Pembentukan Tim Kerja Dapodik SMA-SMK

Mengingat proses implementasi pendataan Dapodik SMA-SMK di lingkungan sekolah agar mendapatkan data yang lengkap dan valid dibutuhkan beberapa persiapan, mulai pengumpulan data data, persiapan hardware dan software, sosialisasi ke warga sekolah dan sebagainya, maka perlu untuk dibentuk TIM Pendataan aplikasi Dapodik SMA-SMK agar pembagian tugas dan tanggung jawab menjadi jelas. Berikut ini adalah contoh ruang lingkup koordinasi tim pendataan Dapodik SMA-SMK di sekolah :
Gambar : Ruang Lingkup Koordinasi TIM Pendataan di Sekolah

Demikian artikel ini yang bisa saya bagikan kembali mudah-mudahan bermanfaat dengan adanya Panduan Sukses Menjalankan Aplikasi Dapodikmen yang sudah resmi terbitkan. Terimakasih

Previous
Next Post »